Berbagai Fitur Baru Instagram yang Akan Dirilis

 

Logo Instagram (Wikipedia).

Instagram menyatakan pada hari Kamis (12/6) lalu, bahwa mereka akan merilis fitur untuk mengatur tata letak gambar unggahan. Saat ini, Instagram telah mengetes beberapa fitur lainnya, yang akan merubah seluruh kinerja Instagram.

Fitur Mengatur Tata Letak Unggahan

Dilansir dari Tech Crunch, fitur agar dapat mengatur posisi unggahan gambar, adalah fitur yang paling sering diminta pengguna. Dengan pembaharuan ini, pengguna dapat mengatur letak gambar pada profil, dan menyesuaikan tampilannya. 

Hingga saat artikel ini ditulis, seluruh unggahan gambar pada Instagram muncul secara kronologis, dan hanya dengan menjepit (pinned) gambar, maka unggahan lama bisa muncul diatas, dekat profil.

Gagasan dari fitur ini adalah agar tampilan Instagram lebih enak dilihat, atau memfokuskan pada konten spesifik, dibanding lainnya. Pengumuman ini tidaklah mengherankan, karena Kepala Instagram Adam Mosseri sempat menyatakan pada Januari lalu, bahwa mereka akan merilisnya.

Sebenarnya Instagram pernah mengembangkan fitur ini pada tahun 2022 lalu, namun terpaksa dihentikan. Akhirnya pada tahun 2025, fitur ini akan segera memperbaharui Instagram.

Fitur Unggahan Konten Tanpa Menyiarkannya

Fitur lainnya yaitu dengan mengunggah konten tanpa menyiarkannya kepada para pengikut, Instagram menyatakan bahwa fitur ini tengah dites dan akan segera dirilis.

Mosseri menyatakan lewat unggahan blognya, bahwa "Ekspresi kreatif dapat sangat mengintimidasi, khususnya saat disiarkan lewat umpan konten (reel)." Karena itu, mengunggah konten tanpa ada yang melihatnya (tanpa muncul di feed pengguna lain), menjadi fitur baru di Instagram.

Tentu fitur ini tidak akan digunakan oleh pengguna yang ingin unggahannya disukai oleh ribuan orang, seperti kreator dan selebriti. Fitur ini cocok bagi pengguna yang ingin membangun profil, tanpa tekanan untuk tampil di depan umum.

Fitur ini mirip dengan fitur kumparan ujicoba, sebuah fitur Instagram yang mengunggah konten dari kreatornya, tanpa muncul pada para pengikutnya. 

Instagram menyatakan bahwa 40 persen kreator mengunggah lebih banyak setelah menggunakan kumparan ujicoba. Hal tersebut karena 80 persen dari kumparannya mencapai tayangan dari bukan pengikut.

Mosseri menyatakan bahwa tujuan dari kedua fitur kreatif tersebut adalah untuk memberikan fleksibilitas pada pengguna, dalam mengunggah dan memunculkan kontennya, tanpa ada tekanan tambahan.

Integrasi Instagram dengan Spotify

Selain itu, Instagram kini tengah mengetes pula fitur untuk memainkan lagu langsung dari aplikasi Spotify, menuju Instagram Notes, bersama dukungan khusus bagi para kreator konten.

Fitur Integrasi Spotify adalah agar pengguna dapat membagikan lagu yang mereka dengarkan, secara langsung saat siaran di Instagram Notes, dan pengikutnya dapat mengecek lagu apa yang didengarkan.

Fitur Drafts

Instagram lalu akan merilis fitur Drafts, yang menjadi investasi bagi para kreator. Melalui Drafts, Instagram akan bermitra dengan kreator untuk memberi dukungan finansial, koneksi, gagasan, kesempatan kolaborasi, dan lebih banyak lagi.

Jurubicara Instagram menyatakan bahwa Drafts bukanlah dana khusus para kreator, namun akan mendukung kreator sesuai jenis konten yang cocok, dan untuk kebutuhan proyek kreatif nan unik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Negara Mengakui Kedaulatan Negara Palestina saat Majelis Umum PBB

Contoh Kasus Obat Resep Dokter Berujung Adiksi Heroin

Cara Louis Braille Merelovusi Sistem Penulisan Aksara

Timo Tjahjanto Menyutradarai Film Nobody 2

Animasi 2D Mantap dari Indonesia ala Panji Tengkorak

Sejarah Awal Terbentuknya Pariwisata Sebagai Komoditas Budaya

Fitur Keamanan Instagram dan Youtube Bagi Anak Kecil dan Remaja

Sungai Sebagai Bagian Peradaban Manusia

Para Biarawan Sempat Membantu Inovasi Bahasa Isyarat

Gejala dan Pencegahan Demam Berdarah